Syukuran Aqiqah dan Perkenalan Tetangga

Nadya Menggunakan Baju dan Bando Pink ketika Syukuran Aqiqah

Nadya Menggunakan Baju dan Bando Pink ketika Syukuran Aqiqah

Kesibukan dan kemalasan yang akhirnya membuat saya baru bisa update blog ini. Kali ini saya ingin bercerita mengenai syukuran aqiqah-nya Nadya. Awalnya syukuran aqiqah direncanakan bakal digelar sekitar 2 minggu setelah Nadya lahir, berhubung kalau dilaksanakan seminggu setelah Nadya lahir, semuanya masih pada capek, apalagi istri yang masih belum boleh banyak beraktivitas berat. Namun ternyata syukuran aqiqah pun harus kembali molor, karena pihak mertua ngomongnya lebih baik kalau nunggu istri benar-benar dalam kondisi yang sudah normal, yang secara tersirat saya lihat pihak mertua inginnya syukuran diadain sekitar 1 hingga 2 bulan ke depan. Namun, saya agak kurang setuju dengan hal tersebut, saya justru ingin cepat-cepat ngadain syukuran ini karena saya melihat syukuran ini sebagai ajang perkenalan lebih dalam kepada para tetangga dekat, selain juga karena saya merasa bahwa rasanya agak gimana gitu, udah lahir seorang bayi sekitar 2 mingguan tapi kami tidak memberitahu mereka atau mereka tidak tahu sama sekali ada bayi di rumah kami. Dan jalan untuk memberitahu para tetangga dekat bahwa kami mempunyai bayi adalah lewat jalan syukuran aqiqah tersebut.Untuk menghormati pemikiran mertua dan juga biar waktu mengenalkan Nadya kepada para tetangga tidak terlalu lama, maka saya mengambil jalan tengahnya, bahwa syukuran aqiqah harus digelar minggu ke-3 setelah Nadya lahir, apalagi saya lihat juga kondisi istri yang sudah semakin membaik. Dan setelah semuanya sepakat dengan ide saya tersebut, akhirnya, hari Rabu, 18 Mei 2016, syukuran aqiqah pun digelar. Saya mengundang tetangga yang berada di depan, serta dua di samping depan, sedangkan samping kiri dan samping kanan rumah pas mau saya undang ternyata sedang tidak ada orang di rumah.

Saya tidak menyangka, sambutan dari tetangga samping kanan depan rumah sangatlah baik dan ramah, dan si ibu pemilik rumah yang tinggal bersama anak-anak dan cucu-cucu-nya tersebut, datang untuk menghadiri syukuran aqiqah Nadya. Untuk tetangga yang berada persis depan rumah, kami sekeluarga juga sudah agak mengenalnya, dan memang ramah juga, tapi berhubung si ibu-nya kerja, maka dia tidak dapat datang pas syukuran, sedangkan suaminya yang saya lihat sering berada di rumah, juga tidak menghadiri syukuran kami – karena nampaknya berbeda pemahaman agama dengan keluarga kami. Sedangkan untuk tetangga samping kiri depan rumah, ketika saya ke rumahnya, keluar seorang bapak-bapak dengan raut dan tutur kata yang awalnya kurang ramah, tapi setelah saya bilang bahwa saya mengundang dirinya buat acara syukuran aqiqah, air mukanya agak sedikit berubah, dia menjadi agak ramah dan ngomong Insya Allah bisa datang ke rumah. Bapak tersebut akhirnya datang ketika syukuran belum dimulai, dan akhirnya bapak tersebut balik lagi ke rumahnya dan bilang kepada saya akan balik lagi nanti, ketika sudah dimulai acaranya. Tapi dia akhirnya gak balik lagi, mungkin karena malu, jamaahnya banyak yang dari luar komplek – jamaah bawaan dari pihak mertua.

Acara syukuran akhirnya dimulai. Mungkin sekitar 1.5 jam acara berlangsung, dari sekitar jam setengah dua siang sampai hampir masuk shalat ashar. Shalawat menggema di rumah kami, bacaan-bacaan ayat suci Al-Quran mengalun indah di relung kalbu kami, dan do’a-do’a dipanjatkan kepada Nadya dan juga kami selaku orang tua-nya. Saya sangat bahagia dan terharu, ketika banyak orang mendoakan khususnya kepada Nadya – putri tercinta saya.

Terima kasih banyak semuanya yang telah datang dan mendoakan Nadya, saya doakan juga anak ibu dan bapak sekalian menjadi anak yang soleh / solehah, berbakti kepada orang tua, sukses dunia dan akhirat. Aamiin.

This entry was posted in Tumbuh Kembang Nadya. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

